Kedungjati (21/07/2023). Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023, Alifianto Fikriadi dari Fakultas Sekolah Vokasi Jurusan Akuntansi Perpajakan melaksanakan program kerja monodisiplin yang membahas tentang “Pencerdasan Pentingnya Memiliki NPWP dan Pelatihan Pembuatan NPWP Secara Online di Desa Kedungjati”.

NPWP singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yaitu nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak untuk sarana dalam administrasi perpajakan dan sebagai tanda pengenal atau identitas diri dari Wajib Pajak dalam memenuhi hak dan kewajibannya. NPWP menjadi persyaratan administrasi yang penting di sektor manapun, mulai dari melamar pekerjaan, mengajukan kredit ke bank, bahkan surat izin usaha perdagangan dan nomor induk berusaha juga membutuhkan NPWP. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita semua wajib berperan dalam memajukan pembangunan di Indonesia. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan taat terhadap pajak. Pajak menjadi penghasilan terbesar negara dalam pembangunan.

Masyarakat di Desa Kedungjati, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal ternyata masih kurang dalam pengetahuan dunia perpajakan. Banyak dari mereka yang belum mengerti manfaat memiliki NPWP, mereka takut jika nantinya akan ditagih untuk membayar pajak, padahal sudah sewajarnya masyarakat yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif pajak wajib untuk memiliki NPWP dan melakukan kewajiban perpajakannya. Masyarakat yang ada khususnya remaja dan bapak-bapak kebanyakan bekerja sebagai pekerja pabrik dan juga perangkat desa. Berkaitan dengan hal tersebut, NPWP sangat diperlukan untuk persyaratan administrasi dalam pekerjannya.

Hadirnya Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro yang berasal dari Jurusan Akuntansi Perpajakan ini termotivasi untuk melakukan pencerdasan pentingnya memiliki NPWP dan pelatihan pembuatannya secara online, dengan tujuan utamanya adalah masyarakat Desa Kedungjati paham dan sadar akan pajak, sebagai pemenuhan persyaratan dalam melamar pekerjaan, dan para remaja dapat berperan dalam pembangunan negeri melalui pajak.

 

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, Saudara Alifianto Fikriadi selaku Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memaparkan seputar dunia perpajakan, manfaat memiliki NPWP, dan juga langkah-langkah dalam pembuatan NPWP secara online. Pembuatan NPWP yang dilakukan secara online dimulai dengan membuat akun djp terlebih dahulu pada laman web djp atau https://ereg.pajak.go.id/daftar, setelah terdaftar login kembali kemudian lengkapi formulir registrasi data wajib pajak pada pendaftaran NPWP. Ikuti dan lengkapi semua alur registrasi, jika sudah maka kirim permohonan untuk mendapatkan NPWP secara online.

Selanjutnya setelah kita menerima pesan melalui email yang kita daftarkan tentang proses pendaftaran NPWP, maka kita sudah mendapatkan kartu elektronik dan juga NPWP yang terdiri dari dua jenis, yaitu: NPWP 15 digit dan NPWP 16 digit dan sudah bisa digunakan untuk keperluan administrasi dalam perpajakan atau dalam hal lainnya yang memerlukan kepemilikan NPWP.

Masyarakat Desa Kedungjati dan segenap aparat pengurus desa sangat berantusias dan bersemangat dalam bertanya tentang kepemilikan NPWP kepada Saudara Alifianto Fikriadi. Pemuda Desa Kedungjati yang sudah bekerja pun juga bersemangat untuk dibikinkan NPWP secara online karena belum memiliki NPWP bersama Saudara Alifianto Fikriadi setelah sosialisasi berakhir.

Dengan adanya program kerja monodisiplin yang dibawakan oleh Saudara Alifianto Fikriadi ini, semoga masyarakat Desa Kedungjati dapat lebih taat dan peduli tentang kewajiban perpajakannya dan paham mengenai dunia perpajakan, sehingga masyarakat Desa Kedungjati tidak lagi memiliki stigma rasa takut dengan tagihan pajak. Kedepannya masyarakat Desa Kedungjati menjadi masyarakat yang sadar akan pajak. Diakhiri dengan slogan yang dibawakan oleh Saudara Alifianto Fikriadi bersama masyarakat yaitu “Kedungjati Sadar Pajak”.